Minggu, 12 Desember 2010

Send Money with Paypal

Saya ingin bercerita dulu sejenak sebelum memulai semuanya.
Di jaman dahulu kala, hiduplah seorang anak muda yang melakukan bisnis penjualan sepatu dan sandal. Dia sangat sukses di pasaran Indonesia dan produknya pun sampai ke luar angkasa Indonesia. Lalu untuk transaksi pembayaran pun sering tidak menggunakan uang tunai karena perbedaan jarak yang jauh, dan akhirnya ia pun menerima pengiriman uang dalam bentuk Cek ataupun Money Order yang prosesnya dapat memakan waktu. Dan ketika anak muda tersebut tua dan hidup di jaman yang sudah modern si kakek itu pun berkata kepada cucunya yang meneruskan usahanya, “dunia sekarang sudah canggih yah cu, apa-apa semuanya sudah cepat, bisnis kita jadi semakin gampang dan lancar”.

Lalu apa bedanya jaman dahulu dan jaman sekarang?
Yap, sekarang ini sudah ada HP, komputer, GPRS, 3G, wifi, email, dan internet. Dari sanalah kita bisa mengoptimalkan kecanggihan dunia sekarang ini (terutama internet) untuk kita berbisnis. Jika Anda ingin berbisnis lewat internet (online), maka Paypal SANGAT PENTING buat Anda.

Mari kita lihat fakta-fakta sederhana berikut.

Nyaris 80% transaksi online saat ini memanfaatkan layanan Paypal. Lebih dari 50% pebisnis online saat ini telah memiliki akun Paypal. Lebih dari 50% situs e-commerce telah didukung layanan Paypal. Lebih khusus lagi, nyaris semua program make money from blogging, semisal pay per click, paid to read, paid review atau affiliate program, saat ini telah mengintegrasikan sistem pembayaran komisi melalui Paypal. Artinya, bayangkan jika Anda tidak memiliki akun Paypal. Tentu akan sulit bagi Anda untuk mewujudkan impian mendapatkan uang melalui aktivitas blogging.
Apa sebenarnya Paypal? Lalu apa fungsi Paypal?
Paypal adalah sebuah layanan online-banking yang menyediakan jasa transfer uang melalui email. Paypal berfungsi mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money Order yang prosesnya dapat memakan waktu. Paypal adalah salah satu alat pembayaran (Payment processors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet. Paypal seperti halnya dengan rekening bank, pertama anda membuat akun, lalu dana akan ditarik langsung dari kartu kredit Anda ke akun tersebut atau dengan dana dari transferan akun Paypal orang lain ke saldo Paypal Anda, dan Anda sudah dapat menggunakan akun Paypal untuk bertransaksi. Gampangnya, dengan memiliki akun Paypal, maka Anda bisa membayar dan menerima uang komisi secara elektronik melalui alamat email Anda sendiri. Mudah, praktis, dan cepat.
Lalu mengapa harus Paypal? Mengapa lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang?

Tidak harus Anda menggunakan Paypal, masih banyak alat pembayaran online lain seperti Alertpal, ebay, dll. Saya lebih menganjurkan Paypal karena dalam Paypal ada bukti pembayaran dan catatan deskripsi, serta dapat melakukan komplain yang benar jika terjadi sesuatu atau terhindar dari komplain yang salah.

Untuk dapat menggunakan akun Paypal, Anda harus memenuhi persyaratan umum:
1. Berumur minimal 18 tahun;
2. Mempunyai Alamat email = sebagai username akun Paypal Anda nantinya; dan
3. Mempunyai Rekening bank atau Kartu kredit = yang akan digunakan untuk menjadi Terverifikasi/Verified dan untuk dapat Withdraw (menarik saldo Paypal ke media lain) nantinya.

Manfaat Paypal menjadi terverifikasi selain untuk dapat withdraw, juga akan menghilangkan batas limit mengirim uang atau menarik uang ke rekening bank atau kartu debit/kartu kredit anda, dan membuat account PayPal anda lebih dipercaya penjual dan pembeli. Jika belum terverifikasi, Paypal hanya membatasi limit saldo $100 dollar saja, mungkin bagi pemula ini masih tidak masalah karena masih berpenghasilan kecil.
Langkah menjadi status terverifikasi :
1. Login ke akun PayPal anda
2. Klik link Dapatkan status terverifikasi
3. Anda mempunyai 2 pilihan :
A. Terverifikasi menggunakan rekening bank/Link My Bank Account
B. Terverifikasi menggunakan kartu debit atau kartu kredit/Link My Debit Card or Credit Card

Catatan :
- Hampir semua bank utama di Indonesia dapat digunakan untuk verifikasi PayPal
- Jika nama di akun PayPal anda tidak sesuai dengan nama pada rekening bank anda, dapat merubah nama di akun PayPal anda di : https://www.paypal.com/id/cgi-bin/webscr?cmd=_webform&f=ap_namechg

Untuk melihat keterangan2 lain yang menyangkut Paypal, dapat Anda cari di www.paypal.com (bahasa Inggris) atau www.paypalindonesia.com (bahasa Indonesia)

0 komentar:

Posting Komentar