Rabu, 22 Desember 2010

Pentingkah Website Untuk Berbisnis Online?

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu website?
Ah itu bohong, buktinya saja Anda bisa melihat postingan ini, berarti Anda secara tak langsung mengetahui apa itu website.

Website atau Indonesianya situs web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses darimana saja di seluruh dunia selama komputer terkoneksi dengan jaringan internet.

Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah
untuk melakukan perubahan pada suatu halaman harus dilakukan secara manual
dengan mengedit kode yang menjadi struktur dari website tersebut menggunakan web editor.
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukkan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain halaman utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman back-end untuk mengedit konten dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti ini memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Tahukah anda syarat MUTLAK yang harus dimiliki untuk memenangkan persaingan bisnis di dunia maya? Jawabannya adalah Anda atau bisnis/perusahaan Anda harus memiliki website agar bisa diakses oleh siapa saja, darimana saja, dan kapan saja. Tanpanya bisnis Anda akan berjalan sangat lambat.

Kitapun dapat melihat fakta sekarang bahwa internet sekarang telah menjadi ‘kebutuhan’ bagi kebanyakan orang dan internet bisa menjadi pasar yang luas. Bayangkan berapa juta orang yang dapat melihat dan membeli produk Anda jika dipasarkan menggunakan internet jika Anda dapat mengoptimalkan kecanggihan teknologi tersebut (memang agak berlebihan, tapi mungkin saja).

Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website?

Agar situs anda bisa online dan diakses dari seluruh dunia maka Anda membutuhkan:
1. Nama (domain) sebagai alamat untuk memanggil/menampilkan situs Anda di browser internet. Contohnya www.NamaDomainAnda.com.
2. Lahan atau rumah (hosting) untuk menyimpan file situs Anda agar bisa dibuka melalui alamat domain Anda.
3. Desain tampilan dan isi (content) yang akan dilihat oleh pengunjung

Sebelum merancang file website, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan :
1. Menentukan nama domain yang akan anda gunakan sebagai alamat website nantinya.
2. Mengumpulkan atau merancang sendiri file gambar (image), video, mp3, flash, dll yang akan anda tampilkan di web.
3. Mengumpulkan atau membuat materi/isi (content) web.
4. Merancang desain web atau mencari template gratis di internet.
5. Mencari script yang mendukung.

Untuk mendapatkan domain maupun hosting, Anda bisa mendapatkannya berbayar maupun gratis. Masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun yang jelas yang berbayar lebih unggul dibandingkan yang gratis.
Mungkin menurut Anda lebih baik menggunakan domain dan hosting yang serba gratis..tis..tis..tis. Namun Anda perlu mengetahui biasanya untuk hosting yang gratis di dalamnya berisi iklan sponsor. Bisa dibayangkan kalau anda mau serius berbisnis di Internet dengan harapan bisnis Internet anda memberikan anda profit yang besar secara konsisten, masa iya anda mau menggunakan semua layanan gratis?

Tapi jikalau Anda masih ingin belajar dari awal sekali cara membuat website, tidak ada salahnya menggunakan yang gratisan untuk belajar.

Untuk domain gratis, Anda bisa mendapatkan domain Anda di co.cc
Untuk hosting gratis, Anda bisa mencarinya di mesin pencari paman ‘google’ dengan keyword ‘hosting gratis’.

Namun jika Anda ingin berbisnis serius dan ingin menggunakan domain dan hosting berbayar, Anda bisa mencarinya di paman ‘google’ dengan keyword ‘domain dan hosting’. Ada banyak situs yang menjual domain maupun hosting. Anda bisa pilih yang mana yang sesuai dengan Anda. Namun yang terpenting kualitas domain dan hosting itu harus bekerja dengan baik dan tak mengganggu kinerja bisnis online Anda.

1 komentar: