Sabtu, 04 Desember 2010

Berfikir Ala Pebisnis Online

Sebelum mencoba bisnis online, pola pikir adalah bagian pertama yang harus dibenahi dan dirombak terlebih dahulu. Karena dari sanalahsemua ucapan dan tindakan kita bersumber. Dialah “Super Komputer” yang akan menginstruksi setiap tindakan dari tubuh kita. Pola pikir adalah sebuah kerangka yang nantinya akan menjadi acuan dan pijakan buat kita untuk bergerak melakukan sesuatu.
Biasanya orang bergerak melakukan sesuatu setelah menerima informasi dari luar. Celakanya dalam bisnis online, belum tentu semua informasi yg masuk itu benar. Jika info tsb salah, maka otomatis setting pola pikir kita akan terbentuk dg pola yg salah. Lalu kita akan menjalankan bisnis online dg cara yg salah pula.
Sejak awal perlu ditekankan pada diri sendiri bahwa keberhasilan pada awalnya tergantung pada pola pikir kita. Pola pikir yg baik dan benar menghasilkan tindakan yg baik dan benar pula. Jika ada orang yg berhasil di bisnis online, maka lihatlah pola pikirnya. Dari mana kita tahu pola pikir orang yg berhasil? Lihatlah tindakannya..!!!
Orang-orang yg berhasil bertindak dengan penuh semangat dan kerja yg terprogram. Bukannya tidak ada cobaan yg mereka hadapi, malahan cobaan itu sedemikian berat, seperti pepatah lama mengatakan “Semakin tinggi pohon, semakin kencang diterpa angin” (kalau tak salah.. hehe..). Namun karena di kepalanya sudah ditanamkan (disetting) dg pola pikir yg optimis, maka cobaan yg datang dianggap sebagai penguat iman dan penambah kapasitas diri. Semakin besar cobaan yg datang, semakin besar kapasitasnya berkembang. Orang berhasil menyadari bahwa cobaan kesulitan hanyalah bekal yg telah dipersiapkan oleh-NYA agar dia tumbuh menjadi ‘Orang Besar’!
Orang yg sudah tersetting dg pola pikir yg salah sejak dulu, maka tindakan yg dilakukannya mengikuti pola yg salah. Contohnya ada diantara kita yg merasa tidak punya kelebihan apa-apa, merasa miskin dari sananya, selalu merasa susah, merasa gaptek/tak punya kemampuan, malu menjadi diri sendiri dan lain sebagainya. Jika pola pikir itu terus dipelihara, maka selamanya kehidupan kita akan susah, tidak ada solusi. Keberhasilan yg diidamkan tidak pernah terwujud.
Kenapa bisa demikian? Itulah dahsyatnya pola pikir yg kita bentuk..!
Kalo mau dipelajari, sebenarnya otak kita mengikuti apa yg kita gambarkan dikepala. Kalo gambaran settingan di otak kita adalah hal-hal yg susah, tidak punya kelebihan apa-apa, merasa miskin selamanya, pasrah pada keadaan, merasa gaptek terus, saya tidak mungkin bisa seperti dia, saya orang kecil, dsb, maka wujud kehidupan kita akan persis seperti gambar di settingan otak kita.
Karakteristik individu yang mempunyai pola pikir yang benar, diantaranya:
1. Percaya akan kemampuan/kompetensi diri, hingga tidak membutuhkan pujian, pengakuan atau rasa hormat orang lain, dan menghiraukan ejekan orang lain.
2. Berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain dengan menjadi diri sendiri.
3. Memiliki Internal Locus of Control (memandang keberhasilan dan kegagalan, tergantung usaha sendiri dan tidak mudah menyerah pada nasib atau keadaan serta tidak tergantung pada nasib dan orang lain).
4. Mempunyai cara pandang positif terhadap diri sendiri, orang lain dan situasi yang dihadapi.
5. Mempunyai harapan yang realistik terhadap dirinya, sehingga ketika harapan tersebut tidak terwujud ia tetap mampu melihat sisi positif dalam dirinya dan situasi yang terjadi.
6. Pelajari, Pahami, Fokus, dan Praktekkan setiap yang telah dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar